March 7, 2020

SHOLAT JUMAT DI SEKITAR STASIUN JATINEGARA

SHOLAT JUM'AT 
DI SEKITAR STASIUN JATINEGARA

            
Kita kadang suka bingung  mencari lokasi untuk sholat Jum'at pada saat bepergian ke tempat / lokasi baru. Hal ini juga terjadi dengan diri saya yang baru pertama kali bepergian ke stasiun Jatinegara di hari Jum'at untuk menjemput istri saya yang akan pulang dari Bandung menggunakan kereta ekonomi Malabar (Malang-Bandung-Pasar Senen PP). Jadwal tiba kereta Malabar di Stasiun Jatinegara sekitar 11.41 WIB yang waktu berangkat dari Stasiun Bandung 08.30 WIB. Waktu dzuhur saat itu sekitar jam 12.07 WIB, jadi menurut saya masih ada cukup waktu untuk bisa sholat Jum’at di sekitar Stasiun Jatinegara.
Kereta Malabar tiba sesuai jadwal dan berhenti di peron 6 Stasiun Jatinegara. Saya dan Istri segera ke gerbang keluar untuk mencari masjid yang dekat dengan Stasiun Jatinegara. Saya bertanya ke salah satu Porter stasiun “Permisi pak, kalau sholat Jum’at disekitar sini dimana ya pak?”. Bapaknya menjawab “oh di atas Pasarjaya, dilantai 3 nya ada Masjid, nanti naik JPO aja terus masuk ke Pasarjaya”. “Terimakasih banyak pak informasinya” balas saya.
Saya dan Istri segera bergegas menuju lokasi yang dimaksudkan tadi. Pasarjaya yang dimaksud bapak tadi sudah bisa kita lihat dari Stasiun Jatinegara, lokasinya berseberangan dengan Stasiun Jatinegara. Saya dan istri  dari pintu masuk / keluar Commuterline Stasiun Jatinegara kami belok ke arah kanan menuju JPO yang terintegrasi dengan Busway. Setelah itu, kami turun menuju Pasarjaya. Pada saat turun dari JPO kita akan melihat pedagang yang menjual makanan dan batu akik. Pasarjaya ini memang pusat batu akik di Jakarta Timur, tepatnya di Sentra Batu Akik Rawabunga Jakarta Timur.
Saat kita masuk di lantai dasar dan lantai 1 banyak toko yang menjual berbagai macam perhiasan batu akik dari cincin, kalung, gelang serta batu bongkahan yang siap di asah sesuai ukuran yang kita inginkan. Setelah itu dilantai 2 kita akan melihat berbagai macam toko menjual berbagai jenis obat-obatan, herbal, alat kontrasepsi, alat tes kehamilan dan alat kesehatan lainnya.
Masjid untuk sholat Jum’at berada di Rooftop Gedung Pasarjaya, terdiri dari bangunan utama dan halaman yang sudah digelar sajadah oleh DKM. Masjid di rooftop gedung pasarjaya ini bernama masjid Al-Fitroh. Masjid Al Fitroh memiliki 2 tempat wudhu dan tempat penitipan sepatu. Seluruh pelataran Masjid Al fitroh sudah tertutup atap, sehingga para jamaah tidak kepanasan. Setelah Sholat Jum’at selesai, di Masjid Al Fitroh menyediakan air minum kemasan gelas dan gorengan gratis bagi para jamaah sholat Jum’at.
Berikut lokasi google maps Masjid Al Fitroh di Gedung Pasarjaya dekat stasiun Jatinegara:

No comments:

Post a Comment

Featured Post

4 Lembaga Penerima Hibah Setiap Tahun

4 Lembaga Penerima Hibah Setiap Tahun 1. KONI  dasar hukum untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) adalah Pasal 69 Undang-Undang Nom...

Popular Posts