June 7, 2021

One Day Trip Cirebon

Liburan ke Cirebon

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ

Liburan kali ini kami sekeluarga berencana mau liburan ke Cirebon tapi tidak menginap.

Liburan ini bisa kita lakuin di akhir pekan bersama keluarga, karena sudah ada tol layang / elevated tol di Bekasi sampai karawang maka perjalanan akan terasa cepat. Perjalan kami dari Bogor ke Cirebon memakan waktu sekitar 6 jam, karena waktu kami berangkat ternyata tol layang sedang di tutup jadi kami harus lewat bawah bersama truk-truk besar.

Kami pun sholat subuh di rest area dan istirahat sebentar karena banyak pengendara yang menuju ke arah jawa tengah sehingga kondisi tol padat merayap. Akhirnya kami sampai juga di pintu tol Plumbon dan menuju destinasi pertama kami.

Tujuan kami yang pertama di Cirebon adalah ke Empal Gentong Bu Nur.

Lokasinya berseberangan dengan kios Nasi Jamblang Bu Nur. Kami memilih empal gentong karena tempatnya tidak seramai nasi jamblang. Menu yang di tawarkan juga cukup terjangkau, pengunjung bisa memilih empal gentong saja atau dengan nasi, minumnya pun bervariasi.

Lokasi empal gentong

Setelah kami santap empal gentong, kami melanjutkan ke destinasi kedua kami yaitu Masjid Agung Cipta Rasa

Bangunan Masjid memiliki ciri khas yaitu terdiri dari tumpukan bata merah yg dan semuanya masih asli untuk bagian dalam masjid, tiang tiang penyangga yang tersusun dengan sistem interlock antar kayu sehingga cukup untuk menahan gempa. Banyak wisatawan religi yang datang kesini dengan beberapa bis sedang. Bangunan masjid dominan coklat, pelataran masjid sangat luas sehingga bisa menampung jumlah jamaah cukup banyak dalam satu waktu sholat.

Lokasi Masjid Agung Cipta Rasa

Sehabis sholat ashar kami lanjut mencari pasar untuk beli oleh-oleh, sepanjang jalan kami melihat banyak sekali kerupuk udang dan kerupuk pasir yang menjadi ciri khas kerupuk Cirebon. Kami menuju Pasar Pagi Cirebon yang pintu masuknya lewat PGC Cirebon. Kami ke Lokasi pasar yang letaknya di belakang PGC Cirebon, kami beli beberapa makanan kecil, sirup Tjampolay rasa pisang dan beberapa jenis kerupuk kulit. Kami melanjutkan untuk mencoba es duren gerobak di PGC yang porsinya cukup banyak setelah itu kami menyebrang jalan untuk beli makan malam. Ada angkringan khas cirebon atau warung nasi tenda yang menjual berbagai macam lauk pauk yang super rmurah dan enak. tempatnya bersih dan dibungkus pakai daun jati untuk nasinya.

Lokasi Pasar Pagi Cirebon

Kami melakukan perjalanan pulang ke Bogor sekitar setengah 6 dari Cirebon lewat pintu tol Ciperna. Perjalanan memakan waktu sekitar 5 jam karena kami berhenti dulu di rest area untuk sholat maghrib dan isya serta makan malam dengan nasi yang tadi kami beli tadi.