November 19, 2019

PENGALAMAN TES CPNS KEMENKUMHAM 2017

PENGALAMAN TES CPNS KEMENKUMHAM
2017
PART 2


Saya kembali ke Kota Bandung, untuk mengikuti tes SKD yang sebelumnya gagal mengikuti karena ada kendala teknis dari pihak penyelenggara. Saya mendapatkan jadwal 18:30 tapi kenyataannya tes baru dimulai jam 19:30. Sambil menunggu masuk ruangan tes, para peserta dikumpulkan di tenda untuk duduk sambil bergantian sholat Maghrib dan Sholat Isya. Waktu tes pun tiba, peserta dipersilahkan masuk dan bebas memilih tempat duduknya. Saya berdia agar tes ini berjalan lancar dan tidak ada kendala teknis lagi. Tes SKD terdiri dari TWK (tes wawasan kebangsaan), TIU (tes intelegensia Umum) dan TKP (tes Karakteristik Pribadi). Saya mengerjakan semaksimal mungkin, hingga waktu tes habis. Ada beberapa peserta yang sudah menyelesaikan tesnya sebelum waktunya selesai. Saya memperhatikan ada yang senang, ada sedih, ada yg biasa saja. Karena hasil tes / skor total SKD langsung keluar ketika kita klik selesai mengerjakan soal.

Pengumuman hasil SKD pun muncul, ini berdasarkan nilai lulus dan rangking sehingga walaupun nilainya di atas pass in grade tapi yang nilainya lebih tinngi dari kita lebih banyak, sehingga memang buat kita deg deg an pas melihat hasil tes SKD. Alhamdulillah saya lolos pada tahap SKD ini, jadi saya lanjut ke tahap SKB (seleksi Kemampuan Bidang).
Pada Tahap SKB, saya menjalani beberapa tahapan tes, yaitu tes CAT bidang Keimigrasian (UU Imigrasi, Kasus Imigrasi, proses Pembuatan Passport, Apapun terkait dengan Imigrasi) dan tes Bahasa Inggris. Saya pun sangat optimis untuk lulus tahapan ini, karena saingannya sangat berkurang dari tahapan SKD yang lalu. Alhamdulillah, saya lolos tahap ini dan melanjutkan ke tahap terakhir tes CPNS Kemenkumham.
Saya mengikuti Tes Pemeriksaan Fisik (Tinggi Badan dan Berat Badan) dan tes Wawancara (ditanyain soal keimigrasian, Praktek PBB (Pelatihan Baris Berbaris di depan yang wawancara), dan motivasi kenapa pilih posisi ini). Kebetulan yang wawancara saya adalah Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat sama Perwakilan Kemenkumha Pusat. Grogi sih pasti dan saya sudah terlalu capek mengikuti tahapan tes ini, karena saya sudah berangkat dari Bogor jam 5 Pagi, sampai Bandung Jam 10, ke Lokasi tes jam 11 siang dan baru masuk ruangan untuk sekitar jam 16:00, wajah saya sudah terlihat lesu dan tidak semangat karena menunggu antrian itu sangat lelah. Saya juga sudah pasrah akan hasil tes terakhir ini.
          Hari pengumuman Final pun tiba, saya membuka pengumuman tersebut dan merasa tidak kaget bahwa saya tidak Lolos pada tahap akhir ini. Saya meyakini memang belum rezekinya saya di posisi tersebut. Well itulah pengalaman saya, semoga bisa memberikan informasi yang cukup baik buat kalian yan mau mencoba tes CPNS di Kemenkumhan di posisi Imigrasi.

Coba lagi tes CPNS 2018

1 comment:

Featured Post

4 Lembaga Penerima Hibah Setiap Tahun

4 Lembaga Penerima Hibah Setiap Tahun 1. KONI  dasar hukum untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) adalah Pasal 69 Undang-Undang Nom...

Popular Posts