January 19, 2018

ADA KEBERKAHAN DI SASTRA ARAB UI

ADA KEBERKAHAN

DI SASTRA ARAB UI


            Banyak masyarakat menganggap bahwa orang yang masuk jurusan sastra adalah orang – orang yang memiliki kecerdasan yang pas – pasan,hal ini disebabkan karena penanaman pemikiran yang salah kepada masyarakat.
            Banyak cemoohan dan perendahan yang saya alami karena memilih dan kuliah di sastra arab UI. Dari pernyataan sederhana seperti “sastra arab nanti kalo udah lulus jadi ustadz ya atau guru ngaji”. Untuk awal – awal saya merasa malu dengan pernyataan tersebut,setelah saya menjalani perkuliahan yang sudah berjalan selama 2 minggu, saya berpikir bahwa dimana pun kuliahnya,fakultas apa pun,jurusan apa pun yang saya pilih tidaklah berpengaruh, yang berpengaruh adalah bagaimana kita menjalani proses perkuliahan tersebut.
            Ada keberkahan tersendiri bagi saya telah diterima di program studi sastra arab, berkah pertama yaitu bahasa arab merupakan bahasa yang digunakan di berbagai negara yang jumlahnya lebih dari 20 negara.

Baca juga : PSA MABIM FIB UI

Selanjutnya, saya bersyukur karena diterima di Universitas Indonesia jurusan sastra arab,karena di UI jurusan sastra arabnya berbeda dengan jurusan sastra arab yang ada di perguruan tinggi lain,di sastra arab UI saya belajar budaya arab ,sejarah arab ,bahasa arab ,kesustraan arab dan lain lain. Hal ini sangat jauh dengan pemahaman masyarakat awam bahwa sastra arab identik dengan kajian kitab suci Al – Quran,hadist Rasulullah dan berbagai hal yang berhubungan dengan agama,terutama agama Islam.
            Kemudian lapangan kerja bagi lulusan sastra arab UI masih memiliki banyak kesempatan,selama mahasiswa dan mahasiswi tersebut memiliki potensi untuk bersaing di dunia internasional. Kenapa masih banyak kesempatan ? ya, karena lulusan sastra arab UI memiliki dasar yang lebih daripada lulusan perguruan tinggi lain.
Lulusan sastra arab UI bisa menjadi dubes, diploma, jurnalis untuk negara – negara yang menggunakan bahasa arab, sejarahwan timur tengah, pengamat timur tengah, translator dan berbagai pekerjaan yang mengutamakan penguasaan tentang arab.
            Belajar sastra arab memilki nilai lebih daripada sastra yang lain,yaitu belajar bahasa arab merupakan sunnah dari Nabi Muhammad SAW. Bagi umat Islam sendiri, belajar bahasa arab sangat membantu dalam hal memahami apa isi dari kitab suci Al-quran.
Bangsa arab memiliki pengaruh besar terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi bagi dunia, karena bangsa arab pada zaman kejayaannya melahirkan berbagai IPTEK yang sampai sekarang masih digunakan. Dari ilmu kedokteran,ilmu sastra,ilmu MIPA,ilmu astronomi dan berbagai disiplin ilmu lainnya berasal dari daerah arab bukan dari daratan eropa.
           
Setiap manusia memiliki tujuan dalam hidupnya, baik cepat maupun lambat kesadaran akan memiliki tujuan hidup pasti dimiliki manusia. Saya tidak sembarangan memilih sastra arab di UI, saya memiliki tujuan yang mungkin berbeda dengan orang lain.
Tujuan saya memilih sastra arab di UI adalah saya ingin memiliki koneksi ( network ) secara internasional dan nasional yang bisa mendukung tujuan saya kelak yaitu memiliki usaha skala nasional dan internasional, salah satunya saya ingin memiliki usaha yang bergerak dalam bidang travelling terutama untuk ibadah haji dan umrah.

Tujuan selanjutnya saya ingin mengetahui hal –hal yang mungkin belum jelas kepastiannya dalam hal budaya Arab dan Islam. Saya perhatikan banyak masyarakat Indonesia yang menganggap bahwa budaya arab adalah budaya Islam, padahal hal itu belum tentu benar, dari hal itu saya mencoba membuka mata masyarakat apa perbedaan budaya arab dengan budaya Islam.

LIHAT ARTIKEL LAIN:


  1. PSA MABIM FIB UI

44 comments:

  1. Assalamualaikum
    Kak saya Nadila calon maba sastra arab ui 2018. Kak awal masuk kuliah ngrasa takut kalo nggak bisa nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waallaikumsalam Nadila

      santai aja, yg namanya hal baru itu seru kok
      nadila nanti dibantu sama senior dan temen2 yg lain

      insya Allah, banyak berkahnya

      Delete
  2. Assalamualaikum ka, saya ingin sekali masuk ke sastra arab ui, tapi kebetulan jurusan saya adalah ipa. Jadi kira2 bagaimana caranya agar saya bisa masuk sastra arab ui?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waallaikumsalam mazaya
      pilih yg jurusan sosial ya

      jurusan SMA tidak mempengaruhi kok

      alhamdulillah saya masuk lewat jalur SNMPTN Tulis

      Delete
  3. assaalamualikum kak, bagaimana lingkungan teman" disana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sangat baik untuk proses pendewasaan diri dan pengembangan karakter

      Delete
  4. Bismillah, kak saya mau tanya, untuk skripsinya apakah full memakai bahasa arab, bahasa yg digunakannya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu saya buat skripsi, kebijakannya masih menggunakan bahasa indonesia dominan, ditambahkan pula bahasa arab untuk istilah tertentu

      Delete
    2. wahh masih menggunakan bahasa indonesia yah... Di kampus UIN Alauddin Makassar Full bahasa Arab untuk skripsinya

      Delete
  5. Assalamualaikum ka saya ingin sekali masuk sastra arab di ui,tes yang lebih mudah masuk untuk saya yang latar belakangnya pondok tes apa ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada umumnya masuk UI itu ada beberapa jalur, singkatnya jalur snmptn undangan (nilai raport) dan tes tulis (utbk/sbmptn, simak UI). Kalau kamu mau lewat jalur undangan, maksimalkan mata pelajaran ilmu sosial dan bahasa (arab, indonesia, inggris) selama masih sekolah. Bila kamu lewat jalur tes tulis, mapel yang diuji adl mapel yang umum sebagaimana tes tulis lainnya seperti matematika dasar, b.indo, b.ing, dan mapel uji sosial humaniora spt sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi. Selain itu, maksimalkan pula di tes TPA-nya. Sngt membantu! Sukses ya

      Delete
  6. Assalamualaikum kak
    Ka aku bingung dan takut katanya sastra arab itu susah apa benar?
    Doain saya ya ka biar masuk ke ui jurusan sastra arab aminnn😊

    ReplyDelete
  7. Bismillah, Apakah berpeluang anak mipa lolos snmptn jika memilih b. Arab, dan notabenna saya bukan lulusan pesantren, saya tdk mempelajari b. Arab disekolah tapi mapel yang lain insya allah nilainya Bagus.

    ReplyDelete
  8. baik dari sekolah Umum atau pesantren dapat diterima selama nilai SNMPTN atau SIMAK UI memenuhi standard. Di Sastra Arab UI belajar dari dasar dan tidak perlu khawatir untuk kemampuan bahasa arab di awal semester, kamu bisa melatih kemampuan dari berbagai macam media baik youtube, grup belajar dll

    semangat untuk mewujudkan cita-cita

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum kak
    Misalkan saya ikut jalur SBMPTN nilai untuk masuk sastra arab UI dikisaran berapa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk nilainya setiap tahun berubah, lebih baiknya mulai awal tahun 2020 sudah mulai cari info ke tempat bimbel, mereka biasanya punya data

      Delete
  10. assalamualaikum kak..
    saya kan dari smk nih kak apa bisa masuk sastra arab ui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waallaikumsalam.
      sangat bisa, kembali lagi kepada nilai saat kamu mendaftar atau hasil ujian seleksi masuk jika nilainya memenuhi standar maka bisa saja masuk.
      terus berjuang untuk mencapai cita cita mulia kamu ya

      Delete
  11. Kak. Saya anak ipa, apakah bisa masuk sastra Arab uih jalur SNMPTN?

    ReplyDelete
  12. sangat bisa, kembali lagi kepada nilai saat kamu mendaftar atau hasil ujian seleksi masuk jika nilainya memenuhi standar maka bisa saja masuk.
    terus berjuang untuk mencapai cita cita mulia kamu ya

    ReplyDelete
  13. Kak untuk test via jalur SIMAK UI paralel, apa saja yang di test dan dipelajari untuk masuk sastra Arab? karena saya sudah tiga tahun lalu lulhs dan banyak pelajaran umum yang lupa. Mohon dijawab ya kak. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk materi uji di SIMAK secara Umum, sama seperti SBMPTN dan SIMAK tahun sebelumnya. Tidak ada ujian khusus untuk jurusan sastra Arab. Namun lebih baik, jika kamu cari informasi terkait SIMAK tahun 2020 ya di website resmi UI atau juga bisa langsung menghubungi panitia SIMAK UI 2020. Pastinya selalu ada informasi dan perubahan setiap tahunnya

      Delete
  14. tulisan arab yg digunakan gundul atau tidak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk di awal perkuliahan akan diajarkan dari dasar belajar bahasa Arab, jika memang niat untuk kuliah di sastra arab saya sarankan mulai buka channel youtube tentang belajar bahasa arab dasar sesuai diri kamu, karena setiap orang punya metode belajar yg berbeda jadi pastikan kamu enjoy dengan cara belajar dan materi yg dipelajari. semangat ya untuk kuliah di tahun 2020

      Delete
  15. Bismillah, mau nanya ka pelajaran yang akan dipelajari di sastra arab apa-apa saja? Ada matematika nya juga gaa yaa?haha

    ReplyDelete
  16. Mahasiswa Sastra Arab di awal semester akan menerima pelajaran umum seperti Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama dan penulisan ilmiah, matkul ini wajib dari Universitas sedangkan untuk matkul inti di jurusan Sastra Arab akan diberikan matkul Bahasa Arab dasar, Kebudayaan bangsa Arab, Politik Timur Tengah dan dampaknya bagi dunia dll, materi ini akan semakin berkembang sesuai tingkat semester dan juga kondisi dunia saat ini. Jadi Insya Allah selalu Update matkulnya sesuai dengan perkembangan dunia

    Untuk matematika hanya untuk di bidang ilmu eksak saja, kalau pilih jurusan eksata seperti teknik, mipa, fkm dan sejenisnya pasti ada matkul matematika dasar

    semoga membantu ya, untuk infomrasi lebih update bisa langsung ke website resmi Universitas Indonesia

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum kak saya mau masuk jurusan sastra arab tapi tulisan saya jelek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waallaikumsalam.
      Untuk tulisan bisa dilatih selama kita mau melatih untuk menambah tingkat kesempurnaan tulisan huruf arab.
      Yakin pada diri sendiri bahwa tulisan kita akan membaik seiring waktu yang dibarengi dengan latihan

      Delete
  18. Assalamualaikum kak saya mau masuk sastra arab tapi saya gakbisa ngaji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waallaikumsalam, jika memang belum bisa mengaji sekarang saatnya kita belajar ngaji dirumah, bisa melalui youtube atau grup chat
      mengaji memang bukan salah satu syarat masuk jurusan sastra arab di UI tapi mengaji syarat untuk bekal di akhirat kelak

      semoga membantu ya

      Delete
    2. kak kalau mau jurusan sastra arab tapi nggak bisa b arab gimana?

      Delete
    3. Tidak Apa, yg penting nilai kamu masuk untuk jurusan sastra arab, karena semua dipelajari dari awal dari dasar hingga mahir di perkuliahan.
      kalau memang sudah niat mau masuk jurusan sastra arab, bisa belajar dari youtube dulu sebelum masuk perkuliahan

      Delete
  19. Sastra Arab UI mhsiswa dominannya lelaki atau perempuan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu angkatan saya dominan perempuan, setiap tahun berbeda beda jumlah perempuan dan laki lakinya, tergantung nilai waktu SBMPTN ? SIMAK dan jumlah pendaftarnya
      kalau di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Kesmas, Keperawatan UI, dominan Perempuan

      Delete
  20. Assalamu'alaikum, Kak ada contact nya ILUNI Sastra Arab UI gak Kak?

    ReplyDelete
  21. Saya siswa SMA negeri jurusan MIPA, tidak ada mapel/nilai bahasa Arab. Apakah saya bisa masuk Sastra Arab?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dengan syarat kamu memiliki nilai yg cukup untuk diterima dijurusan tersebut. karena UI memiliki beberapa jalur penerimaan mahasiswa seperti Jalur raport, jalur ujian bersama secara nasional dan simak.
      setiap jalur ujian memiliki nilai standar , jadi apapun jurusan kamu waktu SMA/SMK atau sekolah dari luar negeri selama nilai kamu memenuhi syarat maka kamu bisa masuk kampus manapun dan jurusan apapun

      Delete
  22. Assalamualaikum kak, kalo terkait beasiswa jurusan sastra Arab ada gak? Kalau ada apaya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. waallaikumsalam, untuk beasiswa kuliah biasanya tidak ada jurusan khusus, namun beasiswa kuliah secara umum saja, jadi perluas pencarian beasiswanya, dan beasiswa yang paling umum itu ada LPDP dan untuk beasiswa dari pihak swasta sangat banyak, kamu pasti bisa mendapatkan beasiswa

      Delete
  23. Halo kak! Saya anak MA jurusan keagamaan kira-kira bisa gaa yaa ngejar sastra arab lewat SNMPTN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat Bisa, SNMPTN sangat besar kesempatannya untuk masuk jurusan sastra Arab UI. Yang penting sekarang kamu harus tetap jaga semangat kamu untuk tetap berkuliah di UI.

      Delete
  24. Kak.saya smanya di jurusan ipa.yang saya bingungkan kalau masuk sastra arab nanti utbknya saintek atau soshum ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk Sastra Arab termasuk ke dalam soshum, waktu itu saya ambil IPC untuk tes tulisnya.

      Delete

Featured Post

4 Lembaga Penerima Hibah Setiap Tahun

4 Lembaga Penerima Hibah Setiap Tahun 1. KONI  dasar hukum untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) adalah Pasal 69 Undang-Undang Nom...

Popular Posts