May 24, 2019

PSA MABIM FIB UI (Sejarah & Logo)

PSA MABIM FIB UI 
Sejarah & Logo Ikatan Mahasiswa Jurusan

IKABA (Ikatan Keluarga Asia Barat)

IKABA (Ikatan Keluarga Asia Barat) merupakan organisasi kemahasiswaan yang berada di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Organisasi ini didirikan di Rawamangun pada bulan Agustus tahun 1984 dengan nama Ikatan Keluarga Semit, karena pada saat itu program studi Arab bernama sastra Semit Fakultas Sastra UI. IKABA adalah wadah himpunan mahasiswa sarjana Program Studi Arab FIB UI dalam satu ikatan moral, kekeluargaan, dan intelektual. Program kerja unggulan dari IKABA adalah FTT (Festival Timur Tengah) dan IKABA CUP, ajang olahraga yang dilaksanakan secara intern.

(HIMAJA) Himpunan Mahasiswa Japanologi
Himpunan Mahasiswa Japanologi (HIMAJA) merupakan wadah bersama untuk menghimpun mahasiswa Program Studi Jepang S-1 FIB UI dalam satu ikatan. HIMAJA didirikan di Jakarta pada tahun 1967 dengan nama HIMAYA dan kemudian berubah menjadi HIMAJA.
HIMAJA memiliki sejumlah program dan acara yang rutin diadakan baik setiap bulan maupun setiap tahunnya. Salah satu acara terbesar yang diselenggarakan oleh HIMAJA adalah Gelar Jepang. Gelar Jepang merupakan even yang diselenggarakan setiap tahun dan merupakan salah satu festival jejepangan terbesar di Indonesia.
Selain Gelar Jepang, HIMAJA memiliki banyak program lain, seperti kurabunihoncup, dan nihonfairKurabu (klub) merupakan program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Program Studi Jepang FIB UI untuk bersama-sama mempelajari lebih dalam budaya Jepang. Kurabu terdiri atas beberapa klub, misalnya klub memasak (ryouri), washi & origami, kajian karya sastra, benkyoukai, dan klub tari (odori).
Nihonfair merupakan sebuah mini festival road to Gelar Jepang. Nihoncup adalah acara yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa Program Studi Jepang untuk menunjukkan bakat olahraganya serta mempererat rasa kekeluargaan di antara mahasiswanya.
HIMAJA juga masih memiliki banyak program lainnya yang ditujukan untuk mengembangkan bakat dan minat anggotanya.

Hwarang (Himpunan Mahasiswa Koreanologi) 
Hwarang (Himpunan Mahasiswa Koreanologi) berdiri pada tanggal 21 Maret 2007. Berdirinya Hwarang merupakan inisiatif dari mahasiswa jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea angkatan 2006 yang saat itu merupakan angkatan pertama dari Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea itu sendiri. Program kerja unggulan dari Hwarang adalah Korean Culture Day (KCD) yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2008. Hwarang menyelenggarakan KCD sebagai sarana untuk memperkenalkan kebudayaan Korea kepada masyarakat umum, baik itu dari sisi tradisional maupun modern.

IMSI (Ikatan Mahasiswa Sinologi)
Ikatan Mahasiswa Sinologi (IMSI) Universitas Indonesia merupakan himpunan mahasiswa Program Studi Cina yang telah dibentuk sejak tahun 70-an. Sebelumnya himpunan mahasiswa ini benama IMSI (Ikatan Mahasiswa Sinologi Indonesia) karena pada saat itu, Universitas Indonesia adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang memiliki jurusan yang mempelajari ilmu tentang Cina. Akan tetapi karna disadari bahwa himpunan ini tidak mencakup seluruh Indonesia, maka pada tahun 2003 namanya berganti menjadi IMSi. Anggota IMSi adalah seluruh mahasiswa Program Studi Cina yang telah mengikuti rangkaian kegiatan orientasi jurusan dan aktif berpartisipasi dalam segala kegiatan IMSi. Keanggotaan IMSi berlaku seumur hidup dan tentunya akan banyak keuntungan yang didapatkan setelah menjadi anggota IMSi. IMSi mempunyai empat acara besar yaitu Sinoturahmi (halal-bihalal), SinoniteSinomentor (kegiatan mentoring) dan pastinya yang ditunggu-tunggu adalah SINOFEST.

IKSI atau Ikatan Keluarga Sastra Indonesia
IKSI atau Ikatan Keluarga Sastra Indonesia adalah lembaga formal untuk mahasiswa Program Studi Indonesia FIB UI. IKSI didirikan secara resmi pada 15 April 1977. Sebelum itu, IKSI hanyalah komunitas dan wadah berkumpul bagi mahasiswa Program Studi Indonesia. Seiring berjalannya waktu, IKSI berkembang menjadi organisasi yang terstruktur. IKSI  memiliki beberapa kegiatan yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Salah satu di antaranya adalah Falasido (Festival Bulan Bahasa Indonesia) yang diselenggarakan dalam rangka perayaan Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda. Selain itu, ada juga beberapa kegiatan yang ditujukan untuk mempererat kekeluargaan di antara anggota IKSI, seperti Buka Bersama IKSI, Ulang Tahun IKSI, Piala IKSI, dan lain-lain.
IKSI juga memiliki beberapa biro dan komunitas untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa. Biro dan komunitas tersebut adalah Teater Pagupon, kelompok musikalisasi puisi SASINA, kelompok diskusi ilmiah Kedisina, serta pers dan media Gaung. Saat ini, Teater Pagupon telah melaksanakan pementasan sebanyak 102 pementasan. Sementara itu, kelompok musikalisasi puisi SASINA sering tampil di berbagai acara.
KMSJ (Keluarga Mahasiswa Sastra Jawa)


Keluarga Mahasiswa Sastra Jawa (KMSJ) didirikan pada tanggal 24 Oktober 1978 dan berkedudukan di Program Studi Jawa Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI). KMSJ berusaha menampung dan menyalurkan aspirasi para anggotanya sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Wadah tersebut bersifat kekeluargaan, kemahasiswaan, keilmuan dan kemasyarakatan. Semboyan KMSJ-FIBUI adalah rumangsa melu handarbeni, sebuah ungkapan dalam bahasa Jawa yang berarti merasa ikut memiliki sehingga tentunya akan dijaga, dirawat, dan dikembangkan demi kemajuan bersama program studi Jawa.
KMSJ memiliki beberapa acara rutin tahunan yaitu Sayembara KMSJ, Pekan Budaya Jawa (PBJ), dan Hari-Hari Kekerabatan (HHK). Sayembara KMSJ merupakan acara yang berisi kegiatan lomba seni dan olahraga antaranggota KMSJ untuk menjalin kekerabatan mahasiswa Prodi Jawa yang diadakan setiap awal tahun kepengurusan. HHK biasanya diadakan pada awal Oktober. Acara ini diadakan sebagai penyambutan mahasiswa baru. Pekan Budaya Jawa adalah rangkaian acara yang berisi seminar dan parade budaya yang bertujuan nguri-uri budaya Jawa. PBJ biasanya diadakan pada bulan akhir Oktober.

artikel terkait:


  1. PSA MABIM FIB UI (LOGO & SEJARAH) PART 2
  2. PSA MABIM FIB UI (LOGO & SEJARAH) PART 3

No comments:

Post a Comment

Featured Post

4 Lembaga Penerima Hibah Setiap Tahun

4 Lembaga Penerima Hibah Setiap Tahun 1. KONI  dasar hukum untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) adalah Pasal 69 Undang-Undang Nom...

Popular Posts