May 6, 2019

Pemikiran Arab pada masa Pembentukan (1850-1914) KECENDERUNGAN Progresif

Pemikiran Arab pada masa Pembentukan

(1850-1914)

Kecenderungan Progesif

Radikal Progresif
Gerakan ini memiliki pemahaman yang berbeda untuk nasionalisme, sekularisme dan sosialisme. Gerakan ini juga menafsirkan materialism historis. Tokoh-tokoh gerakan radikal progesif memiliki pemikiran yang sangat berbeda.
·         Abd Rahman al Kawakibi
Al Kawakibi adalah Intelektual modern Arab pertama yang membuat teori demokrasi, sekulerime dan sosialisme Arab. Intelektual modern Arab pertama yang berpandangan akan sistematis Arabisme berdasarkan atas Kultur dan geografi. Buku Ummu al-Qura, berisi keinginan Kawakibi mengembalikan kekhalifahan ke bangsa Arab. Buku Tabha’I al-istibdad,  berisi keinginan membebaskan diri dari despotism.
·         Syibli Syumayyil
Intelektual Arab pertama yang menguraikan sosialisme sebagai ideologi dan program dengan pendekatan materialisme ilmiah. Beliau menyatakan Agama merupakan elemen pemecah bela dan masyarakat akan maju melalui sains bukan agama.
·         Farah Antun
Pendiri majalah Al Jamiah yang menyuarakan tentang sains dan sosialisme serta memperkenalkan pemikir Barat : Marx, Nietzche & Tolstoy. Pola pikirnya dipengaruhi dari Renan

No comments:

Post a Comment

Featured Post

4 Lembaga Penerima Hibah Setiap Tahun

4 Lembaga Penerima Hibah Setiap Tahun 1. KONI  dasar hukum untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) adalah Pasal 69 Undang-Undang Nom...

Popular Posts