May 24, 2019

PSA MABIM FIB UI (Sejarah & Logo) 2

PSA MABIM FIB UI 
Sejarah & Logo Ikatan Mahasiswa Jurusan Eropa


IKABSIS (Ikatan Keluarga Besar Studi Prancis)



IKABSIS didirikan pada 1970 dan sampai sekarang berperan sebagai ‘rumah dan kendaraan’ bagi semua mahasiswa Program Studi Prancis FIB UI. Sebagai salah satu lembaga formal kemahasiswaan yang diakui FIB UI, organisasi ini mewakili kepentingan mahasiswa Program Studi Prancis dalam kegiatan kemahasiswaan yang bersifat ilmiah dan non-ilmiah. IKABSIS memungkinkan setiap mahasiswa Program Studi Prancis untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam kegiatan-kegiatan yang mencakup bidang keilmuan, seni, olah raga, dan sosial kemasyarakatan. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa dapat melatih soft skills terkait bidang administrasi, kepemimpinan, kemampuan manajerial, bekerja dalam tim, dan lain-lain. Melalui organisasi ini, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman penting dalam rangka membentuk pribadi yang berkarakter kuat, tangguh, dan bertanggung jawab, serta mampu memberikan manfaat kepada masyarakat luas.
Kegiatan-kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh IKABSIS antara lain: FestiFrance (Festival budaya Prancis), Je Parle Français (pengajaran bahasa Prancis), Fun Sport, seminar-seminar, dan bakti sosial.
IKMI (Ikatan Keluarga Mahasiswa Program Studi Inggris)
Ikatan Keluarga Mahasiswa Program Studi Inggris atau yang biasa disebut dengan IKMI, merupakan organisasi yang mengayomi dan merangkul mahasiswa dan alumni Program Studi Inggris FIB UI. IKMI didirikan oleh I. Yudhi Soenarto yang sekarang menjadi salah satu dosen teater dan drama di Program Studi Inggris UI. Disamping perannya sebagai himpunan mahasiswa, organisasi ini juga berperan sebagai sebuah keluarga yang selalu mendukung anggotanya. Melalui berbagai program kerja, IKMI telah menjadi wadah bagi mahasiswa program studi Inggris untuk ikut berkontribusi langsung bagi masyarakat. Khusus dalam bidang akademis, IKMI juga bekerjasama dengan Prodi Inggris dengan mengadakan diskusi, seminar, workshop dan bedah buku. Selain itu, IKMI juga menyelenggarakan tutorial untuk membantu mahasiswa dalam memahami matakuliah tertentu. Program kerja IKMI lainnya antara lain: Britbash, Carecoustic, English Art lab, IKMI Family Gathering, IKMI Thanksgiving, Makan-Makan IKMI, ProKer (Program Keringat IKMI), PEMIRA IKMI dan Shout Out. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai program dan kegiatan IKMI
IKSEDA (Ikatan Kekeluargaan Studi Belanda)
Ikatan Kekeluargaan Studi Belanda didirikan oleh salah satu dosen prodi Belanda bernama Dr. Lilie Suratminto, S.S., M.A.  IKSEDA FIB UI menjadi wadah dalam menjaring minat, bakat, maupun kemampuan mahasiswa jurusan Sastra Belanda , juga sekaligus menjadi keluarga dalam menjalin relasi perkuliahan.
Kegiatan yang setiap tahun dilakukan antara lain :
–         Oranje Wedstrijd
–         Seminar IKSEDA
–         Nederlands Festival
–         Apresiatie Dag
–         Talas ( Catatan Belajar Mahasiswa)

ISJ (Ikatan Studi Jerman)
Ikatan Studi Jerman (ISJ) adalah himpunan mahasiswa Program Studi Jerman yang didirikan pada tahun 1978. ISJ juga merupan anggota dari Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman Indonesia (IMBSJI). IMBSJI secara rutin mengadakan kongres tahunan dan tahun 2014 ini, akan diselenggarakan oleh ISJ FIB UI sebagai tuan rumah.
Selain itu, ISJ juga memiliki acara tahunan terbesar yaitu Kulturfest yang biasa diselenggarakan pada bulan Oktober tiap tahunnya. Pada tahun ini Kulturfest mengusung tema “Romantiche Strabe: Romantik Heute und Damais” yang akan diselenggarakan pada tanggal 1-3 Oktober 2014 di FIB UI. Kulturfest juga bekerjasama dengan institusi Jerman di Jakarta seperti DAAD (Deutscher Akademischer Austausch Dienst), Goethe Institut, dan Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia.
ISJ juga memiliki kegiatan internal yang bertujuan mewadahi mahasiswa Program Studi Jerman dalam mengembangkan bakat dan kreatifitasnyua.
IKASSLAV ( Ikatan Kekerabatan Sastra Slavia )

IKASSLAV FIB UI adalah lembaga formal kemahasiswaan yang beranggotakan mahasiswa Program Studi Rusia Universitas Indonesia. IKASSLAV atau Ikatan Kekerabatan Sastra Slavia didirikan di Jakarta pada tanggal 25 September 1981 oleh Bapak Banggas Limbong dan Ibu Irma Hutabarat, yang berfungsi sebagai organisasi kemahasiswaan dan berperan sebagai wadah aspirasi anggotanya. Organisasi IKASSLAV bersifat kekeluargaan, kemahasiswaan, keilmuan dan independen, yang berasaskan Pancasila, UUD 1945 dan Tridharma Perguruan Tinggi. Adapun tujuan IKASSLAV yaitu: mempersatukan seluruh anggota IKASSLAV untuk bekerjasama guna meraih keberhasilan studi di Program Studi Rusia Universitas Indonesia, mengakrabkan antar mahasiswa, mahasiswa dengan pengajar serta mahasiswa dengan alumni Program Studi Rusia Universitas Indonesia, dan untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat mengaktifkan anggotanya serta turut mengembangkan dan menunjang studi mahasiswa.
Kegiatan rutin yang dilaksanaan setiap tahunnya adalah Russkij Fest dan Kuliah Umum. Russkij Fest merupakan sebuah festival yang bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Rusia kepada mahasiswa FIB UI dan khalayak umum. Muatan kegiatannya terdiri dari pentas drama Rusia, lomba kebudayaan Rusia, dan festival musik. Sementara itu, kuliah umum merupakan sarana kegiatan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan mengenai Rusia yang disampaikan oleh pihak Kedutaan Besar Rusia, selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara IKASSLAV dan Kedutaan Besar Rusia.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

4 Lembaga Penerima Hibah Setiap Tahun

4 Lembaga Penerima Hibah Setiap Tahun 1. KONI  dasar hukum untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) adalah Pasal 69 Undang-Undang Nom...

Popular Posts